• Minggu, 29 Januari 2023

10 Rekomendasi Sarapan Pagi Terbaik untuk Kesehatan

- Kamis, 22 September 2022 | 05:38 WIB
Ilustrasi sarapan pagi. (Istimewa/net)
Ilustrasi sarapan pagi. (Istimewa/net)

Sarapan menjadi penting untuk memulai aktivitas di pagi hari. Hal ini dapat menambah energi sepanjang hari dan menjaga agar tidak terlalu banyak makan di siang hari.

Tak sebatas memberikan tenaga untuk beraktivitas, sarapan sehat di pagi hari penting diperhatikan karena memberikan manfaat, mulai dari mengontrol berat badan, mengendalikan gula darah, menyehatkan jantung, meningkatkan performa otak, Selain itu, riset yang terbit pada International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan fakta unik mengenai manfaat sarapan pagi sehat. Dalam hal ini, sarapan pagi mampu meningkatkan kualitas hidup, seperti berkurangnya stres dan gejala depresi.

Berikut 10 rekomendasi sarapan pagi terbaik untuk kesehatan

1. Telur

Telur merupakan makanan yang sangat bergizi. Studi menunjukkan bahwa telur merupakan makanan terbaik untuk sarapan, karena mampu memberi rasa kenyang lebih lama. Menyantap telur di pagi hari akan mengurangi keinginan menyantap terlalu banyak kalori di siang hari. Menu sarapan yang dapat Anda coba mungkin terdiri dari 3 scramble egg dan 1,5 roti putih. Nutrisi yang akan Anda dapatkan dari menu ini adalah 22% energi dari karbohidrat, 23 persen energi protein, dan 55 persen energi dari lemak.

2. Greek yogurt Selain menyegarkan, yogurt sangat sehat dan mengandung protein tinggi, yang mampu mengenyangkan dalam waktu lama. Yogurt dan produk susu lain juga bisa membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan kadar hormon yang membuat kita merasa kenyang, yakni PYY dan GLP-1.

3. Kopi Kopi adalah minuman terbaik untuk memulai hari. Kafein yang terkandung di dalamnya, mampu meningkatkan mood dan membantu Anda lebih fokus. Anda disarankan mengonsumsi maksimal 4 gelas kopi per hari.

Kopi juga dipercaya bisa menekan risiko terhadap beberapa penyakit berikut ini. - Diabetes. Kopi mengandung mineral seperti magnesium dan kromium, yang membantu tubuh menggunakan insulin, pengontrol gula darah (glukosa). Pada penyakit diabetes, tubuh kehilangan kemampuannya dalam menggunakan insulin maupun mengontrol gula darah dengan efektif. - Penyakit Jantung dan Stroke. Orang-orang yang mengonsumsi 1-3 cangkir kopi per hari, memiliki 20 persen risiko lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit akibat gangguan jantung, dibanding yang tidak rutin minum kopi. Pada wanita, kopi dipercaya mampu mengurangi risiko terhadap stroke. - Penyakit Alzheimer dan Parkinson. Semakin tinggi tingkat konsumsi kopi, maka semakin rendah risiko terhadap Parkinson. Selain itu, konsumsi 3-5 kopi per hari, diyakini mengurangi 65 persen risiko demensia dan Alzheimer. - Kanker Hati. Tingginya konsumsi kopi, ternyata berkaitan dengan penurunan risiko terhadap kanker hati.

4. Oatmeal Oatmeal merupakan makanan terbaik untuk sarapan, bagi pecinta sereal. Selain kaya serat dan mengenyangkan lebih lama, oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi, serta mampu mengurangi tekanan darah. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa sereal dengan oat utuh bisa menjadi cara efektif dalam manajemen hipertensi ringan (tipe I).

Halaman:

Editor: Alwi Alim

Tags

Terkini

BUMN Ini Raup Rp4,13 Triliun dari Rights Issue

Sabtu, 7 Januari 2023 | 18:14 WIB

Transaksi PBK Tembus Rp51 Triliun

Jumat, 6 Januari 2023 | 18:33 WIB

Realisasi Belanja Negara 2022 Capai Rp3.090 Triliun

Kamis, 5 Januari 2023 | 21:01 WIB

[OPINI] Optimisme Pariwisata di Tahun 2023

Kamis, 5 Januari 2023 | 20:34 WIB
X