• Minggu, 29 Januari 2023

19 Orang Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pusat Pendidikan Kabul

- Jumat, 30 September 2022 | 14:54 WIB
Suasana usai bom bunuh diri di Afghanistan, Kabul. (Istimewa/AFP).
Suasana usai bom bunuh diri di Afghanistan, Kabul. (Istimewa/AFP).

Serangan bom bunuh diri terjadi di sebuah pusat pendidikan di Ibukota Afghanistan, Kabul. Akibatnya 19 orang tewas dan 27 orang luka-luka.

Ledakan yang menargetkan siswa muda terjadi di pusat pendidikan Kaaj di lingkungan Dasht-e-Barchi di Kabul sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Para siswa remaja sedang mengikuti ujian pada saat ledakan, kata para pejabat di pusat pendidikan.

Serangan itu terjadi di daerah yang didominasi komunitas minoritas Hazara yang merupakan saingan utama Taliban sejak Pengambilalihan mereka di Afghanistan pada Agustus 2021. Hingga saat ini, belum ada pengakuan tanggung jawab atas serangan tersebut.

Juru bicara kementerian dalam negeri Taliban, Abdul Nafi Takor mengutuk serangan tersebut. Menurutnya, serangan dengan sasaran sipil membuktikan kekejaman musuh yang tidak manusiawi dan kurangnya standar modal.

“Tim kami telah dikirim ke lokasi ledakan untuk mengetahui lebih detail,” katanya dikutip dari The Independent, Jumat (30/9)

Akibat serangan tersebut, banyak puing berhamburan, noda darah dan bangku di seluruh ruang kelas hancur. Selain itu, terlihat anggota keluarga yang menangis saat melihat tempat kejadian dan sesosok tubuh yang ditutupi kain putih tergeletak di koridor.

Menurut laporan lokal, pelaku bunuh diri meledakkan sebuah perangkat di dalam pusat pendidikan setelah seorang penjaga keamanan tewas. Saksi mata lain yang merupaakn seorang guru mengatakan bahwa sekitar empat orang berlari ke pusat dan suara tembakan terdengar sebelum satu orang meledakkan dirinya.

Editor: Alwi Alim

Tags

Terkini

BUMN Ini Raup Rp4,13 Triliun dari Rights Issue

Sabtu, 7 Januari 2023 | 18:14 WIB

Transaksi PBK Tembus Rp51 Triliun

Jumat, 6 Januari 2023 | 18:33 WIB

Realisasi Belanja Negara 2022 Capai Rp3.090 Triliun

Kamis, 5 Januari 2023 | 21:01 WIB

[OPINI] Optimisme Pariwisata di Tahun 2023

Kamis, 5 Januari 2023 | 20:34 WIB
X